get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Hari Ini, KA Blambangan Hantam Mobil Avanza hingga Hancur, 3 Orang Sekeluarga Tewas

DPP PKB Gelar Tour De Wali Songo, Gus Muhaimin Ngalap Berkah Ziarah Ke Sunan Derajat Lamongan

Selasa, 12 September 2023 | 08:17 WIB
header img
Gus Muhaimin Ziarah di Sunan Derajat Lamongan : Foto : Atmo/iNews.id

INewsLamongan.id  - Tour de Walisongo yang dilakukan oleh Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 9 September 2023, dari Jakarta hingga Surabaya.

Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) yang mempunyai nama lengkap  Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus imin melakukan ziarah ke makam Sunan Drajat Lamongan setelah batal ke Sunan Bonang Tuban karena ada undangan mendadak di Jakarta , Sabtu (9/9/2023).

Selain berziarah, Gus Imin , sapaan akrab Muhaimin Iskandar, juga menyapa warga di sekitar Makam Sunan Drajat Lamongan bersama jajaran DPC PKB kabupaten Lamongan, termasuk kader juga  relawan.

Selain itu ditempat tersebut, Gus Imin juga menghadiri pasar rakyat, pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis hingga pembagian bantuan sembako, yang digelar DPC PKB Lamongan.

Pria yang mendeklarasikan dirinya sebagai Bacawapres mendampingi Anies Baswedan itu. Di hadapan masyarakat warga setempat ,  Muhaimin Iskandar meminta doa agar dirinya senantiasa diberikan keselamatan dan keberkahan. 

"Bismillah, kami melakukan Tour de Walisongo dengan sowan ke Sunan Drajat. Semoga semua diberi keselamatan dan keberkahan. Amin," terang Gus Imin 

Lanjut, Gus Imin mengajak kepada masyarakat, kader dan relawan PKB untuk bersama-sama meneladani 4 (empat) wasiat kanjeng Sunan Drajat, yang terkenal dengan sebutan Catur Piwulang.

Adapun wasiat itu yakni, wenehono teken marang wong kang wuto (Berilah tongkat pada orang yang buta). Wenohono mangan marang wong kang luwe (Berilah makan pada orang yang kelaparan).

Wenehono iupan marang wong kang kaudanan (berilah payung pada orang yang kehujanan) dan wenohono sandang marang wong kang wudo (Berilah pakaian pada orang yang telanjang).

"Mari bersama kita teladani wasiat Kanjeng Sunan Drajat. Seorang wali yang sangat dermawan dan punya kepedulian tinggi terhadap masyarakat," jelasnya

Sementara itu, Ketua DPC PKB Lamongan Abdul Ghofur menyampaikan, kegiatan Tour de Walisongo dan para wali nusantara ini diniatkan untuk mencari keberkahan demi menata Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

"Gus Muhaimin ziarah ke Sunan Drajat. Seorang pembawa Islam secara damai. Salah satu wali yang berhasil menyatukan ajaran Islam dengan tradisi dan budaya lokal setempat, sehingga tidak pernah ada benturan antara ajaran Islam dan ajaran atau tradisi budaya lokal," terang Ghofur.

Melalui kegiatan ini, Ghofur berharap, semua pihak, khususnya kader, bisa meneladani apa yang sudah dilakukan oleh Sunan Drajat, sehingga mampu meneruskan nilai-nilai perjuangannya.

"Semoga kita bisa meneladani perjuangan beliau. Semoga apa yang menjadi hajat kita semua bisa dimudahkan, khususnya Gus Muhaimin yang berikhtiyar untuk," tuturnya 

Editor : Pambudi Eko Cahyono

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut