get app
inews
Aa
Read Next : Perbasi  Kenalkan  Bola Basket Dengan  Dribble Basketball

Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?

Jum'at, 29 Juli 2022 | 17:24 WIB
header img
Ketahui Penyebab Payudara Besar Sebelah. Foto : Ilustrasi. Ist.

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Payudara besar sebelah dikenal juga dengan istilah payudara asimetris. Hal ini normal terjadi, karena struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk. 

Terkadang, kamu menemukan perbedaan ukuran di antara bagian yang kiri dan kanan. Selama perbedaan ukuran tidak melebihi 50 persen antara sisi kiri dan kanan, maka perbedaan ini masih dikatakan normal. 

Payudara besar sebelah ditandai dengan salah satu payudara yang memiliki bentuk, ukuran, maupun posisi yang berbeda dengan payudara satunya. Hal ini dapat disebabkan adanya penyimpanan cairan pada payudara, perubahan aliran darah, perbedaan pada jaringan pembentuk payudara, dan lainnya.

Ada beberapa hal yang memengaruhi perbedaan ukuran payudara ini, antara lain: 

  • Masa Pubertas
  • Pada masa pubertas, ukuran payudara bisa terlihat asimetris. Namun semakin bertambahnya umur, kedua payudara akan menyeimbangkan ukuran dengan sendirinya. 
  • Trauma di Payudara
  • Cedera pada salah satu payudara dapat menjadi penyebab payudara besar sebelah. Sebab, cedera ini bisa menyebabkan perubahan struktur jaringan di dalam payudara. Alhasil, ukuran payudara terlihat berbeda pasca cedera.
  • Perubahan Hormon, Saat tubuh mengalami perubahan hormon, misalnya saat memasuki masa ovulasi, terkadang jaringan payudara akan berubah. Payudara pun akan terasa lebih penuh dan sensitif.
  • Penggunaan KB Hormonal, Rutin menggunakan KB hormonal setiap bulannya bisa membuat payudara tampak asimetris. Akan tetapi, hal ini akan berlangsung sementara sampai hormon di dalam tubuh kembali stabil.
  • Masa Kehamilan dan Menyusui, Jika kamu sedang hamil dan menyusui, maka ini bisa menjadi alasan kenapa payudaramu besar sebelah. Pada masa ini, tubuh mempersiapkan diri membentuk jaringan untuk memproduksi ASI. Karenanya, ukuran payudara akan menjadi berbeda. Cara Mengatasi Payudara yang Besar Sebelah.

    Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut