Logo Network
Network

Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?

Siska Permata Sari
.
Jum'at, 29 Juli 2022 | 17:24 WIB
Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?
Ketahui Penyebab Payudara Besar Sebelah. Foto : Ilustrasi. Ist.

 

Cara Mengatasi Payudara yang Besar

Sebelah Untuk mengatasi payudara yang besar sebelah, baik itu sebelah kiri atau kanan, tergantung dari penyebabnya. Apabila disebabkan oleh munculnya benjolan tidak normal, maka harus melewati berbagai pemeriksaan medis yang detail. Namun, apabila disebabkan oleh perubahan hormonal yang sementara, maka kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini: 

Pemijatan Payudara 

Pemijatan akan membuat otot-otot sekitar payudara menjadi lebih relaks dan meningkatkan aliran darahnya. Kamu dapat memijatnya dengan gerakan memutar dan tekanan lembut. Jika perlu, tambahkan minyak khusus pijat. 

Olahraga 

Olahraga, terutama jika melatih otot bagian dada, bahu, dan punggung, dapat membantu menjaga bentuk payudara. Gunakan dumbbell sebagai alat bantu olahraga. 

Kompres Dingin dan Hangat 

Menggunakan kompres hangat dan dingin berganti-gantian dapat membantu aliran darah dan meningkatkan produksi kolagen. Kompres hangat selama 1 menit dan gantilah dengan kompres dingin. Ulangi sebanyak 3 kali setelah mandi. 

Operasi

Apabila disebabkan oleh benjolan, cara untuk mengatasinya adalah dengan operasi. Lalu, jika diakibatkan keganasan, kemungkinan juga perlu radiasi atau kemoterapi.

Pemeriksaan Payudara Sendiri

Sebagai wanita, penting untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin. Pemeriksaan ini dapat kamu lakukan di rumah minimal sebulan sekali. Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari sebelum menstruasi atau satu minggu usai menstruasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah pemeriksaan payudara sendiri: 

  • Berdirilah di hadapan cermin, dengan bahu tegak dan kedua tangan di pinggang. Perhatikan, apakah terdapat perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudaramu. 
  • Selanjutnya, angkat kedua tangan dan perhatikan kembali payudaramu. Cari tahu ada atau tidaknya perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudara.
  • Membungkuklah hingga payudara terjulur ke bawah. Cek ada atau tidaknya perubahan pada payudaramu. 
  • Cermati juga posisi payudara kanan dan kiri saat kamu membungkuk. Apakah sejajar atau ada yang lebih besar ukurannya? Kemudian, tekan puting payudara secara perlahan dengan ibu jari dan telunjuk. Perhatikan apakah ada cairan keluar dari puting.
  • Sambil berbaring, letakkan bantal kecil di bawah pundak dan tempatkan tangan kanan di bawah kepalamu. Dengan menggunakan tangan kiri, periksa payudaramu yang kanan, begitu pula sebaliknya. 
  • Selanjutnya, tekan seluruh area payudara dengan gerakan memutar, mulai dari yang terluar (arah jam 12) hingga mencapai puting. Rasakan dan perhatikan apakah terdapat benjolan, kepadatan, atau cairan yang keluar dari puting.
  • Kembali ke posisi berdiri, angkat satu tangan ke belakang kepala dan gunakan tangan lainnya untuk memeriksa payudara satunya.

Follow Berita iNews Lamongan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update