get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi Undang-Undang, Tanpa Demokrat dan PKS

Pilpres 2024 PDIP Tegaskan Akan Berkoalisi, dengan Siapa ?

Minggu, 05 Februari 2023 | 10:25 WIB
header img
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan partainya akan berkoalisi dengan partai politik (Parpol) lain dalam Pilpres 2024. (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan partainya akan berkoalisi dengan partai politik (Parpol) lain dalam Pilpres 2024. Teka-teki dengan siapa PDIP akan berkoalisi bakal terjawab seiring dengan waktu.

Hal tersebut disampaikan Hasto Kristiyanto kepada awak media usai kegiatan apel siaga petani MSP di Sekolah PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023). 

"PDIP sudah membentuk kerja sama dengan Pak Jokowi, Ma'ruf Amin. Di situ ada Golkar, Nasdem, PKB, PPP, PAN, Gerindra. Itu kan kerja sama yang sudah dibuat oleh PDIP," ujar Hasto Kristiyanto.

Hasto menilai koalisi yang terjadi menjelang Pemilu 2024 hingga saat ini wajar dan akan selalu dinamis hingga tahap pendaftaran capres-cawapres peserta Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Oktober-November 2023 mendatang.

"Bahwa setiap partai dalam rangka pemilu melakukan pengerucutan itu adalah sesuatu yang wajar. Untuk 2024 akan ada waktunya untuk saling mengerucutkan. PDIP kan bersama rakyat," ucap Hasto Kristiyanto.

"Kalau PDIP dalam fakta empiris kami selalu bekerja sama dengan partai politik lain sebagai spirit Pancasila. Namun melihat momentum, ada kesesuaian ideologi, platform, desain terhadap masa depan, cara pandang masa depan," tutur Hasto.

Namun Hasto menilai ada aspek yang perlu dipertimbangkan PDIP dalam mengajak parpol lain berkoalisi. Dia menegaskan PDIP enggan berkoalisi dengan partai yang tidak berpihak pada rakyat.

"Kalau dengan partai politik yang sukanya impor itu tidak cocok dengan PDI Perjuangan. Kita lebih cenderung kerja sama dengan partai yang sudah memiliki kesamaan ideologi dan platform serta agenda bagi masa depan tersebut dan memperluas basis pemilih," tutur Hasto Kristiyanto.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut