get app
inews
Aa Read Next : DPR Soroti Perilaku dan Gaya Hidup Polri Zaman Now: Pakai Cerutu, Istrinya Tas Hermes

Perbandingan Biaya Perawatan Motor Matic dan Bebek, Lebih Mahal Mana?

Kamis, 01 Desember 2022 | 21:06 WIB
header img
Perbandingan Biaya Perawatan Motor Matic dan Bebek, Lebih Mahal Mana? (Foto: Honda)

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Masyarakat tidak hanya tertarik menggunakan motor bebek, tapi juga matic. Ini perbandingan biaya perawatan motor matic dan bebek. 

Sejumlah orang lebih senang manggunakan motor matic karena alasan mudaj dikendarai. Tapi, skutik biasanya mengonsumsi bahan bakar lebih banyak karena mesin langsung bekerja menggerakkan motor. 

Berbeda dengan matic, motor bebek mesinnya bekerja secara perlahan sesuai dengan gigi yang dioperasikan. Lantas, bagaimana dari segi perawatan atau biaya servis motor matic dan  bebek? Untuk mengetahui itu, MNC Portal menemui kepala mekanik Shop and Drive Citra 2 Ponty.

Ponty menjelaskan biasa servis kedua motor tersebut sebenarnya beragam dan biayanya bisa tinggi apabila memiliki kerusakan tertentu. Namun, jika servis secara umum, dia mengungkapkan motor matic sedikit lebih mahal ketimbang bebek.

“Kalau untuk perawatan pasti lebih mahal motor matic dibanding bebek, karena di motor metik ada CVT yang perlu pengecekan dan pembersihan setiap kali melakukan servis dan gearbox roda belakang juga olinya rutin diganti. Sedangkan motor bebek hanya menggunakan gear set yang lebih mudah perawatannya,” kata Ponty.

Selain perlu perawatan pada mesin, motor matic memang perlu perawatan juga pada bagian CVT. Terutama pada roller, kampas ganda, dan juga v-belt yang menyalurkan putaran dari mesin untuk menggerakkan roda belakang.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut