get app
inews
Aa Read Next : Kartar Ronggolawe Bersama Nurul Hayat Kabupaten Tuban Bagi Takjil ke Rumah Ibadah

Seorang Nenek di Tuban Kejang Usai Disengat Tawon

Senin, 18 April 2022 | 00:22 WIB
header img
Petugas membakar sarang tawon yang menyerang warga

TUBAN, iNews.id - Seorang warga bernama Warsiti (59), menjadi korban sengatan tawon ndas (Vespa affinis). Wanita berusia lanjut ini sempat mengalami kejang-kejang sehingga harus dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis, Minggu (17/4/2022).

Ternyata sebuah sarang tawon ndas atau Vespa affinis ditemukan berada di atap rumah Kiswanto warga Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Guna menghindari jatuhnya korban susulan, pemilik rumah meminta bantuan dari petugas pemadam kebakaran, yang kemudian membakar sarang tersebut.

Pemilik rumah Kiswanto (52) mengatakan, awalnya tidak mengetahui kalau ada sarang lebah di atap rumahnya. Namun ketika sedang melakukan pembangunan rumah, dan setelah dibongkar baru terlihat ada koloni tawon ndas.

"Sudah menyerang tetangga saya sampai kejang-kejang, namun Alhamdulillah sudah sehat kembali," ujarnya.

Salah satu petugas Damkar Kabupaten Waris Eko Priyanto menjelaskan, Vespa affinis (lebah bertali kecil) adalah lebah umum yang berada di Asia di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Merupakan tawon predator yang beracun untuk memangsa larva serangga lain, seperti hama pertanian.

"Sudah banyak masuk laporan terkait tawon ini. Dan sekarang sudah memakan korban," ungkapnya.

Ia menambahkan, koloni lebah berbahaya ini kerap menyerang warga. Bahkan sepanjang tahun 2022 ini sudah ada dua orang tewas dan satu korban harus mendapatkan perawatan medis.

"Kami menghimbau kepada warga agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal, sehingga keberadaan tawon ndas bisa terdeteksi lebih dini. Jika menemukan sarang, diharap segera melapor kepada petugas Damkar Kabupaten Tuban," tutupnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut