get app
inews
Aa
Read Next : Kartar Ronggolawe Bersama Nurul Hayat Kabupaten Tuban Bagi Takjil ke Rumah Ibadah

Apa Keistimewaan Bulan Ramadhan? Ini Kata Gus Riza 

Sabtu, 09 April 2022 | 00:59 WIB
header img
Pengasuh Ponpes sekaligus Kepala MA Ash Shomadiyah, Riza Shalihuddin Habibi saat ditemui iNews.id

TUBAN, iNews.id - Ramadhan merupakan bulan milik umat Rasulullah Saw. Bulan ampunan, segala kebaikan Allah SWT dilipatgandakan bagi mereka yang taat melaksanakan.

Pengasuh Ponpes sekaligus Kepala MA Ash Shomadiyah, Riza Shalihuddin Habibi saat ditemui menuturkan, mengutip Rasulullah yang pernah berkata, apabila umat ku mengetahui apa Fadhilah Ramadhan. Maka mereka akan meminta 12 bulan dalam setahun itu seluruhnya Ramadhan. 

"Hal ini berkaitan dengan 3 bulan istimewa yang pernah disebutkan Nabi Muhammad Saw yaitu, Rajab, Sya'ban dan Ramadhan," ujarnya.

Ketiga bulan itu ialah Rajab yang merupakan bulan milik Allah SWT, dimana terjadinya kejadian isra mi'raj pada tanggal 27 Rajab. Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian naik ke sidratul muntaha untuk bertemu dengan Allah SWT. Dalam peristiwa ini Allah memerintahkan umat Islam untuk menyembah-Nya dalam bentuk kewajiban shalat lima waktu.

"Di sanalah Rasulullah mendapatkan perintah sholat lima waktu," ujarnya, Jum'at (8/4/2022).

Kemudian bulan Syakban, yang merupakan milik Rasulullah, sebagai rasa syukur Nabi Muhammad Saw yang telah diundang langsung menemui Allah SWT. Dengan melakukan puasa khusus selama 30 hari.

"Rasulullah berpesan, agar umat nya tidak melakukan sebagaimana yang ia lakukan, karena ini sebagai wujud rasa syukur darinya," ungkap Gus Riza sapaan akrabnya.

Yang terakhir adalah Ramadhan, bulan turunnya rahmat, ampunan dan dilipatgandakan pahala serta amal ibadah umat Islam. Didalamnya banyak sekali keutamaan yang bisa diraih khusus oleh umat Islam. 

"Bulan inilah yang selama 29 sampai 30 hari semua kebaikan, amal dan doa langsung diterima oleh Allah SWT. Bahkan tidurpun merupakan ibadah," sebutnya.

Lalu Gus Riza berkisah, pernah Nabi Musa As yang memiliki keistimewaan semua doa yang di ucapkan akan langsung dikabulkan ini bertanya kepada Allah SWT tentang siapa yang doanya akan lebih di utamakan.

"Allah SWT menjawab, doa umat Rasulullah Saw yang dilakukan beberapa saat sebelum berbuka puasa," tutupnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut