get app
inews
Aa Read Next : Bayar Pajak Tinggi Alasan Moge Minta Masuk Tol, Pengamat: Kenapa Beli?

Kenapa Motor Dilarang Masuk Tol tapi Moge Petugas Boleh?

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 19:49 WIB
header img
Banyak yang bertanya mengapa motor pribadi tidak bisa melintas, sedangkan moge petugas boleh? Rupanya, ada regulasi yang mengatur. Foto : Antara.

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Saat berada di jalan tol, sudah tidak aneh lagi motor gede (moge) milik petugas atau pihak berwajib melintas. Namun, kendaraan roda dua atau motor milik pribadi dilarang melintas di jalan tol.

Banyak yang bertanya mengapa motor pribadi tidak bisa melintas, sedangkan moge petugas boleh? Rupanya, ada regulasi yang mengatur.

Pelarangan kendaraan roda dua sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 2009, soal Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 15 Tahun 2005 Pasal 38 tentang Jalan Tol.

Dalam aturan tersebut dijelaskan, Pada Ayat 1, jalan tol diperuntukan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Kemudian ayat (1a) menjelaskan, pada jalan tol bisa dilengkapi dengan jalur tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntuhkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Pada Ayat 2, kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikelompokan berdasarkan jenis. Srmentara itu, pada ayat 3, Ketentuan lebih lanjut mengenai kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (1a) ditetapkan oleh

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut