get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Hari Ini, KA Blambangan Hantam Mobil Avanza hingga Hancur, 3 Orang Sekeluarga Tewas

1000 Lebih Personil Gabungan di Siagakan, Amankan Pilkades Serentak di Lamongan

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:43 WIB
header img
Apel pasukan pengamanan pilkades serentak Kabupaten Lamongan, Sabtu (25/6/2022). (Foto: iNews.id/Abdul Wakhid).

LAMONGAN, iNews.id - Sebanyak 61 desa di Lamongan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada hari Minggu (26/6/22) besok. Untukmengamankan pesta demokrasi di tingkat desa ini, lebih dari 1.000 personel gabungan disiagakan mengantisipasi kerawanan.

Ratusan petugas yang disiagakan untuk pengamanan pilkades serentak ini terdiri atas 408 personel Polres Lamongan, 130 personel BKO SAT Brimob Polda Jatim, 183 personil Kodim 0812, 30 personel siaga on call, 183 personel Satpol PP, serta 122 personel Linmas.

Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf memimpin apel pergeseran pasukan, mengingatkan pentingnya sinergi semua elemen masyarakat untuk mengamankan jalannya pilkades serentak ini.

"Dalam rangka mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah Lamongan, memang bukan hal yang mudah, dan tentunya tidak bisa kita bebankan pada Polres saja. Maka dari itu kita lakukan sinergi yang proaktif dengan Pemkab tentunya, TNI, instansi terkait, dan masyarakat agar menciptakan pilkades yang optimal,” tutur Wakil Bupati yang akrab disapa Pak Bro.

Pada apel pergeseran pasukan ini juga dilaksanakan simulasi pemungutan suara dan dilaksanakan peluncuran tim khusus satgas gakkum untuk melaksanakan penindakan terhadap pelaku judi (botoh) dan pengganggu kamtibmas dalam pilkades. 

"Kami akan menindak tegas pelaku botoh maupun pengganggu kamtibmas lainnya. Jangan ada yang berani coba-coba ataupun punya niat. Satgas kami tidak ada toleransi terhadap pelaku," kata Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana. 

Kegiatan pengamanan diharapkan dapat berlangsung kondusif dengan adanya pengamanan yang cukup banyak dari para petugas dan kesiapan yang optimal dari para petugas. "Kami mengimbau kepada warga Lamongan agar turut mensukseskan pilkades ini dengan aman damai dan kondusif, " tutur Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf. 

 

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut