get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Pastikan Biaya VAR untuk Liga 1 2023-2024 Tembus Rp100 Miliar

Perang Rusia-Ukraina Tak Kunjung Usai, Luhut: Kita Harus Siap Hadapi Kondisi Terburuk

Kamis, 27 Oktober 2022 | 14:44 WIB
header img
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, di tengah perang Rusia-Ukraina, kondisi apa pun dapat terjadi terhadap perekonomian Indonesia. Foto: Tangkapan Laya.

Sebelumnya, dalam webinar yang diselenggarakan oleh LAB 45, 'Ancaman Resesi Global: Transisi Ekonomi Hijau di Persimpangan Jalan', Senin (24/10/2022) Luhut mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan, Indonesia harus terus mampu mengendalikan proses recovery dari pandemi Covid-19.

"Termasuk potensi ancaman pandemi lain di masa depan," katanya. 

Kedua, transformasi struktur ekonomi Indonesia. Dari ekonomi berbasis komoditas menjadi ekonomi berbasis industri yang bernilai tambah. Ketiga, peningkatan efisiensi yang harus semakin dimasifkan melalui digitalisasi. Keempat, penguatan ekonomi pendekatan bottom up atau bawah, seperti melalui dana desa. 

Kelima, secara berkelanjutan melakukan transformasi ekonomi menuju low karbon ekonomi. Dengan cara melalui dekarbonisasi dan transisi energi yang terukur. 


Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, di tengah perang Rusia-Ukraina, kondisi apa pun dapat terjadi terhadap perekonomian Indonesia. Foto: Tangkapan Laya.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut