get app
inews
Aa Read Next : Toko Kelontong dan Impian Besar Ali Pergi ke Tanah Suci

Nama Pelukis Indonesia Yang Mendunia

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:33 WIB
header img
Pelukis Indonesia yang namanya mendunia, Raden Saleh. Foto : Wikipedia.

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Pelukis Indonesia yang namanya mendunia mungkin belum banyak yang mengetahui. Selain nama Raden Saleh, ada beberapa pelukis yang karyanya cukup dikenal luas baik di dalam maupun luar negeri.

Pelukis Indonesia yang namanya mendunia

1.Basoeki Abdullah

Basoeki Abdullah atau Fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah merupakan salah satu maestro lukis kebanggaan Indonesia.  Ia mewarisi bakat melukisnya dari sang ayah bernama Abdullah Suriosubroto. Dari kecil ia sudah menyukai seni lukis.

Pada usia 10 tahun, hanya bermodalkan pensil, ia mampu membuat karya indah yakni lukisan Mahatma Gandhi. Cucu Dokter Wahidin Sudirohusodo itu menerima beasiswa di Akademi Seni Rupa (Academie Voor Beeldende Kunsten) di Den Haag, Belanda.

Dalam kurun waktu dua tahun, ia mendapatkan sertifikat Royal International of Art (RIA). Lukisan-lukisannya itu kuat pada tradisi melukis bergaya romantisme dan juga naturalisme.

Alhasil setiap mata yang memandang akan dimanjakan dan mampu menyerap keindahan secara fisik serta memberi penyegaran bagi penikmatnya.

Hal itu didapat karena Basoeki menanamkan kesadaran bahwa lukisan adalah cermin kepatuhan diri. Oleh karenanya, tak heran banyak tokoh-tokoh dunia yang ingin diabadikan lewat lukisannya.

2.Affandi Koesoema

Pelukis Indonesia yang namanya mendunia selanjutnya adalah Affandi Koesoema. Ia lahir pada tahun 1907 di Cirebon, Jawa Barat.

Siapa yang menyangka, mulanya ia hanya seorang penyobek karcis dan membuat iklan. Sampai akhirnya nama Affandi terkenal dengan sebutan maestro lukis.

Bakat lukisnya makin terasa saat ia bergabung dalam kelompok seniman Lima Bandung. Ketika ia melukis, Affandi akan lebih banyak mengambil tema tentang kehidupan masyarakat kecil. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut