get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Pastikan Pasokan BBM Masih Aman Pasca Terbakarnya Kapal MT Kristin

Pemerintah Lakukan Uji Coba Tahap Kedua, Kualitas Pertalite Masih Diragukan

Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:56 WIB
header img
Kementerian ESDM kembali akan melakukan pengujian tahap kedua demi memastikan kembali standar dan mutu Pertalite. Foto: Pertamina.

JAKARTA, iNewsLamongan.id – Keluhan masyarakat akan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang mengalami penurunan kualitas. Ini terjadi setelah mengalami kenaikan harga menjadi Rp10.000 per liter pada bulan lalu. 

Di media sosial beredar seseorang menguji kadar oktan di Pertalite yang menunjukkan angka 86 dan berwarna kuning terang. 

Padahal, Pertamina menjual Pertalite dengan RON 90 dengan warna hijau bening terang. Mendengar keluhan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bergerak melakukan pengujian kualitas dan mutu Pertalite di Lemigas.

Pengujian dilakukan secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Pada pengujian tahap pertama dengan sampel yang diambil dari enam SPBU berbeda di beberapa wilayah di Jakarta, dan menunjukkan hasil yang sesuai.

“Kita uji di Lemigas dan ada 19 parameter uji. Semuanya on spec. Tidak ada yang off spec,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji seperti dilansir dalam laman Kementerian ESDM.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut