get app
inews
Aa Read Next : Toko Kelontong dan Impian Besar Ali Pergi ke Tanah Suci

Pengemudi Mobil SUV Cenderung Arogan? Ini Penyebabnya

Senin, 17 Oktober 2022 | 18:14 WIB
header img
Sebagian pengemudi mobil sport utility vehicle (SUV) cenderung berperilaku arogan saat berada di jalan raya, kenapa? Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsLamongan.id – Sebagian pengemudi mobil sport utility vehicle (SUV) cenderung berperilaku arogan saat berada di jalan raya. Di antaranya mengambil jalur sembarangan tanpa memperhatikan pengguna jalan lain atau menyalakan rotator (sirene) dan lampu strobo. 

Padahal, mobil tersebut bukan kendaraan dinas petugas pengaman lalu lintas atau pengawalan. Ini kerap menyebabkan konflik di jalan, bahkan sampai ke meja hijau.

Kenapa pengemudi SUV cenderung arogan? Instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan ini terjadi karena pengendara mobil SUV bertindak di bawah alam sadar. Mereka merasa paling gagah.

Sebagian pengendara yang berperilaku arogan adalah mereka yang mengemudikan mobil SUV besar, seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport dan sejenisnya. “Sebenarnya kita tidak bisa menyalahkan mobilnya, tapi perilaku pengendaranya. Sifat dasar manusia jika menggunakan sesuatu yang lebih baik dan telah diakui banyak orang, dia akan bertindak di luar kendali jika tak bisa mengendalikan emosinya,” kata Jusri saat dihubungi iNews.id.

Pria yang sudah 30 tahun menggeluti dunia safety riding itu menjelaskan hal tersebut terjadi akibat pengendara merasa berhak mendapatkan prioritas. Terlebih bagi mereka yang baru memiliki mobil SUV besar.

“Biasanya fenomena ini terjadi karena dia baru saja mendapatkan mobil baru yang memang telah diakui lebih baik atau bernilai tinggi. Bahkan, seorang sopir saja bisa berperilaku arogan karena mereka bertindak di bawah alam sadar,” ujarnya.

Menurut Jusri, kondisi seperti itu sebenarnya normal tapi tidak dapat dibenarkan karena dapat membahayakan orang lain. Namun, sangat sulit untuk menghilangkan hal tersebut karena menjadi sifat alami manusia.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut