get app
inews
Aa Read Next : Mobil Nike Ardila Dibeli Fans Rp100 Juta pada 27 Tahun Lalu, Kini Harganya Tembus Rp10 Miliar

Dokar : Kereta Kuda Menjadi Sarana Tranportasi  Alternatif dan Budaya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:45 WIB
header img
Madari Kusir Kereta Kuda di kota Babat Lamongan . (Foto ; iNews/Atmo)

LAMONGAN, iNews.id - Kereta  kuda (Dokar) di kota Tua  Babat setiap hari  masih mewarnai semrawutnya  arus Lalu-lintas  di jalan raya Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sabtu (18/6/2022)

Semrawutnya lalin di jalan raya Babat, tak menjadikan keberadaan dokar di tiadakan  Karena keberadaan sarana tranportasi Kereta Kuda (dokar) tersebut menjadi sarana tranportasi alternatif dan menyimpan nilai budaya yang harus di lestarikan warga babat dan sekitarnya.

Puluhan dokar nampak setiap hari beroperasi dan harus  bersaing  dengan  sarana tranportasi modern seperti Grab, bentor, dan mobil angkutan umum,serta serta kendaraan pribadi.

Para kusir dokar yang biasa mangkal  dipinggir jalan babat kebanyakan berasal dari Desa Puncak Wangi  dan Desa Karang Kembang Kecamatan Babat.

"Ya  Saya dan teman yang lain sudah sekitar 40 tahunan jadi kusir dokar untuk menafkahi  keluarga, pekerjaan ini merupakan warisan sudah turun menurun,  bukan sekedar mengais rezeki belaka namun jua ingin lestarikan sarana tranportasi yang pernah jadi sarana tranportasi bernilai  budaya ." ujar Madari kepada iNews.id, Sabtu(18/6/2022)

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut