Mobil Listrik Terjebak Banjir di Musim Hujan, Apa yang Harus Dilakukan ?

Muhamad Fadli Ramadan
Solusi saat mobil listrik melewati banjir. Foto: Ist.

JAKARTA, iNewsLamongan.id - Tren kendaraan listrik, khususnya mobil semakin berkembang di Indonesia saat ini. Kementerian Perhubungan juga telah mencatat ada lebih dari 28 ribu kendaraan listrik yang beredar di Indonesia.

Namun, salah satu hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah mobil listrik aman ketika terendam banjir. Seperti diketahui, mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak yang berbahaya jika terendam banjir.

Mobil listrik memiliki dua komponen utama, yakni motor penggerak dan baterai yang menjadi sumber daya. Kedua komponen tersebut sudah dilengkapi dengan seal atau pengaman yang mencegah air masuk ke dalamnya.

Tapi, itu bukan berarti mobil listrik bisa digunakan untuk menerjang banjir dan ada batas toleran demi mengamankan komponen dalam mobil. Hal ini disampaikan oleh Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak.

“Apabila terpaksa harus melewati kondisi jalanan dengan genangan air tinggi, pastikan ketinggian air itu tidak melewati batas setengah roda mobil,” kata Uria kepada MNC Portal, Sabtu (8/10/2022).

Beberapa hari lalu, beredar video viral yang memperlihatkan mobil Tesla terendam banjir di Cilandak, Jakarta Selatan. Bahkan, genangan air hampir menutupi seluruh bagian ban yang berarti telah melewati batas toleran.

Video singkat yang diunggah @jktinfo di Instagram, terlihat mobil listrik Tesla berwarna biru terendam banjir tapi tak jelas Tesla model apa yang terendam banjir.

“Pantauan di TB Simatupang depan gedung JGC. Harap gunakan jalur alternatif,” tulis Jktinfo dalam keterangan video unggahannya.

Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network