get app
inews
Aa Read Next : Toko Kelontong dan Impian Besar Ali Pergi ke Tanah Suci

Fakta : Lagu Indonesia Ini Sempat Diklaim Malaysia

Rabu, 01 Juni 2022 | 11:36 WIB
header img
Ilustrasi lagu pop Indonesia. (Foto : Ist)

JAKARTA, Lamongan.iNews.id - Ada sebuah lagu Indonesia sempat diklaim Malaysia. Lagu yang sempat menjadi polemik itu yakni ‘Rasa Sayange’, yang merupakan lagu rakyat suku bangsa Ambon dari kepulauan Maluku.

Lantas, mengapa sampai ada cerita bahwa ‘Rasa Sayange’ jadi lagu Indonesia sempat diklaim Malaysia? Rupanya, polemik tersebut sudah berlangsung lama di era 2000-an.

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/5/2022), pada 2007, departemen Pariwisata Malaysia menggunakan lagu ini untuk mempromosikan kepariwisataan negara tersebut. Pada saat itu, Menteri Pariwisata Malaysia Adnan Tengku Mansor mengatakan bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ merupakan lagu kepulauan Nusantara.

Hal ini pun menuai reaksi dari Gubernur Maluku saat itu, Karel Albert Ralahalu. Dia bersikeras bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ merupakan milik Indonesia dan menjadi lagu rakyat yang telah membudaya dan turun temurun di provinsi Maluku sejak lama.

Kemudian, pada 11 November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia, Rais Yatim, mengakui bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ adalah milik Indonesia. Meski demikian, sejumlah sumber masih menganggap bahwa ‘Rasa Sayange’ adalah milik bersama, antara Indonesia dan Malaysia, karena dua negara tersebut masih serumpun.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut