get app
inews
Aa Read Next : Ditempa Sejarah dan Belajar dari Taufik Kiemas dan Megawati, Puan Dinilai Penuhi Kreteria Pemimpin

Dalam Pidato Perdana Presiden Baru Korsel Yoon Suk Yeol Menyebut Nama Megawati

Selasa, 10 Mei 2022 | 20:05 WIB
header img
Megawati saat menghadiri pelantikan presiden Korsel (Foto : iNews)

JAKARTA, iNews Lamongan.id - Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri menjadi salah satu undangan dalam prosesi pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) yang baru, Yoon Suk Yeol, Selasa (10/5/2022) waktu setempat. Pelaksanaan pelantikan di plaza depan Gedung Parlemen Korsel di Kota Seoul.

Megawati yang mengenakan kebaya merah itu hadir dengan iring-iringan protokol tamu negara. Tampak hadir mendampingi Bendahara DPP PDIP sekaligus Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama istri Rita Dondokambey, juga Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima, Megawati diposisikan duduk di deretan kursi bagian depan bersama dengan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra, Mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, serta Douglas Emhoff suami Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris.

Touadéra berada di sebelah kanan Megawati, sementara Emhoff di sisi kirinya. Deretan kursi Megawati dan yang lainnya itu diapit atau berada di antara kursi yang diduduki oleh Presiden Yoon dan istri, serta kursi yang ditempati mantan Presiden Moon Jae In dan istri.

Pada saat memasuki lokasi pelantikan, Megawati melambaikan tangan ke arah sekitar 40 ribu warga dan pejabat Korsel yang mengikuti langsung prosesi pelantikan, yang hadir di halaman Gedung Parlemen tersebut. Sejak pagi hari, puluhan ribu warga tersebut sudah hadir di lokasi acara.

Tepat sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat, acara pelantikan Presiden Yoon dimulai. Tampak Presiden Yoon berkeliling memberi salam kepada para tamu dan undangan, termasuk kepada Megawati.

Dalam pidato perdananya, Presiden Yoon menyampaikan salam kepada para tamu kehormatan yang hadir, termasuk kepada Megawati.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada…. Yang Mulia Ibu Diah Permata Megawati Soekarnoputri,” ucap Yoon.

“….yang datang dari luar negeri untuk merayakan kesempatan ini dan tamu-tamu terhormat lainnya atas kehadiran mereka,” sambung Presiden Yoon.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut