get app
inews
Aa Read Next : Kartar Ronggolawe Bersama Nurul Hayat Kabupaten Tuban Bagi Takjil ke Rumah Ibadah

Warga Tuban Berburu Segarnya Legen Untuk Minuman Berbuka puasa

Kamis, 14 April 2022 | 11:44 WIB
header img
Salah satu penjual Legen Sumarni saat melayani pembeli

TUBAN, iNews.id - Umat muslim yang berpuasa dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis dan menyegarkan. Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, selama bulan Ramadhan air legen yang memiliki rasa manis yang khas serta menyegarkan menjadi minuman favorit masyarakat Kabupaten Tuban sebagai penghilang dahaga saat berbuka puasa.

Air legen yang merupakan hasil dari sadapan getah pohon Siwalan ini banyak tumbuh di pekarangan rumah warga Tuban. Untuk proses pembuatannya masih dilakukan secara tradisional dan alami serta tanpa menggunakan pemanis tambahan. 

Salah seorang penjual legen bernama Khasanah mengatakan, mulai awal bulan puasa sampai sekarang ini banyak yang membeli legen untuk berbuka. 

"Perbotol 1,5 liter dijual 13.000 rupiah, namun kalau beli 2 botol jadi 25.000 rupiah. Selama bulan puasa, rata-rata perhari bisa menjual sebanyak 30 botol, " ujarnya, Rabu (13/4/2022).

Salah satu pembeli Sumarni asal Semanding, membeli sebanyak 6 botol buat keluarganya serta titipan teman-teman untuk dipergunakan sebagai minuman berbuka puasa.

"Tiap bulan puasa saya membeli legen untuk berbuka. Karena merupakan minuman yang cocok untuk berbuka. Karena rasa segar, manis dan sedikit soda yang alami," pungkasnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut