get app
inews
Aa Read Next :

Jelang Panen, Warga Lamongan Gelar Tradisi Wiwit

Minggu, 13 Agustus 2023 | 19:58 WIB
header img
Puluhan orang mengikuti kegiatan wiwit. Foto : Pambudi/iNewsLamongan.id

LAMONGAN, iNews.id-Budaya wiwit masih lestari disebagian wilayah Kabupaten Lamongan. Seperti yang dilakukan warga Desa Jugo, Kecamatan Sekaran mengadakan tradisi warisan leluhur  setiap menjelang panen padi, Sabtu (12/8).

Kegiatan wiwit yang digelar dijalan desa dekat area persawahan itu diikuti ratusan warga, dari orang tua hingga anak-anak. Suasana gayeng dan guyup rukun mewarnai warga yang duduk lesehan itu. Berbagai makananan dari nasi beserta lauk pauk dan berbagai jajanan terlihat berjejer disepanjang gelaran tikar.

"Tradisi wiwit masih dilestarikan warga Jugo. Dilaksanakan menjelang saat panen," kata Kades Jugo H.Manan. Selain sebagai rasa syukur atas hasil panenan, dengan tradisi wiwit dimunajadkan  kehidupan warga lebih barokah.

Camat Sekaran Sutaji mengapresiasi kegiatan Wiwit yang masih kental dalam kehidupan warga Jugo."Kegiatan wiwit sudah mulai langka.Bersyukur masyarakat Jugo masih tetap melestarikan dengan diadakannya kegiatan wiwit secara rutin setiap tahunnya," ujar Camat Sutaji.

Ketua Gapoktan Sudiono menambahkan kegiatan wiwit di Desa Jugo rutin diadakan setiap tahun."Wiwit menjadi simbol kekompakan dan kerukunan petani warga Jugo. Alhamdulillah, selama ini hasil panenan selalu berlimpah,"papar Sudiono.

Kegiatan wiwit yang juga dihadiri Forkopimcam Sekaran, PPL UPT Pertanian Sekaran, kades dan perangkat desa itu diisi dengan tahlilan dan doa bersama kemudian ditutup dengan menikmati bersama tumpeng dan berbagai makanan yang dibawa warga.

Editor : Pambudi Eko Cahyono

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut