get app
inews
Aa
Read Next : Baru 9 Hari Dipajang, Toyota GR86 Ludes Terjual di GIIAS 2022

Gunakan Toyota Hilux Pindad Belum Bisa Pasarkan Kendaraan Rantis Maung, Ini Penyebabnya

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:31 WIB
header img
Dirjen Kementerian Perhubungan tak bisa menerbitkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). Ini disebabkan Toyota tak memberikan izin karena Pindad ingin menjual kembali Maung. Foto : Pindad.

JAKARTA, iNews.id – PT Pindad (Persero) telah memperkenalkan kendaraan taktis (rantis) ringan yang diberi nama Maung. Rencananya, Pindad akan menggunakan Maung sebagai kendaraan operasional angkatan bersenjata Republik Indonesia.

Pindad Maung sendiri memiliki basis Toyota Hilux yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tercipta rantis yang terlihat gahar. Namun, Pindad tak bisa memasarkan Maung karena tak mendapatkan izin dari Toyota sebagai pemegang resmi model Hilux.

Ini diungkapkan Direktur Sarana Angkutan Jalan Kemenhub Danto Restyawan dalam seminar Peran Bengkel Konversi dan Lembaga Pembiayaan untuk Mengakselerasi Penggunaan Kendaraan Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

Dalam kesempatan itu, Danto menjelaskan Dirjen Kementerian Perhubungan tak bisa menerbitkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). Ini disebabkan Toyota tak memberikan izin karena Pindad ingin menjual kembali Maung.

“Pernah dengar Maung? itu kan basisnya Toyota Hilux. Itu mobil baru dan oleh Pindad diubah jadi Maung,” kata Danto. “Kemudian Pindad meminta SUT dan SRUT. Tapi sampai sekarang kami tidak keluarkan karena APM tidak setuju, kecuali dia beli untuk pribadi dan mengubahnya untuk digunakan secara pribadi," katanya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut