get app
inews
Aa Read Next : KPK Geledah Rumah Megah  Ketua DPRD Jatim di Lamongan

Sempat Mati Suri karena Pandemi, Kampung Bonsai di Lamongan Kini Bergeliat Lagi

Senin, 08 Agustus 2022 | 14:57 WIB
header img
Perajin tanaman hias di Desa Wanar, Kabupaten Lamongan. Foto : iNews.id. Abdul Wakhid

LAMONGAN, iNewsLamongan.id - Kampung Bonsai di Desa Wanar, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan kembali bergeliat setelah mati suri akibat Covid-19. Kampung yang 80 persen warganya menjadi perajin bonsai ini selama ini menjadi penopang perekonomian desa.   

Warga Desa Wanar Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, sejak puluhan tahun dikenal sebagai masyarakat perajin bonsai. Desa ini pun berjuluk kampung bonsai lantaran 80 persen warganya berprofesi sebagai perajin bonsai dan tanaman hias.   

Jika masuk ke desa ini, mata akan dimanjakan dengan berbagai jenis bonsai dengan berbagai karakter dan ukuran. Mulai dari jenis serut, dollar, star jasmine, putri salju, anting putri, randu, iprik, pule, dan beragam jenis lainnya. 

Selama dua tahun pandemi Covid-19, peminat bonsai lesu. Para perajin pun hanya bisa merawat bonsainya dengan minim transaksi jual beli. Namun mereka tak patah arang dan tetap optimistis perekonomian akan kembali pulih. 

Kesabaran tersebut kini mulai dirasakan. Pesanan sudah mulai berdatangan baik dari lokal Lamongan hingga dari luar pulau.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Lamongan di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut