get app
inews
Aa Read Next : Toko Kelontong dan Impian Besar Ali Pergi ke Tanah Suci

Jusuf Kalla Jadi Orang Pertama Asal RI yang Terima Penghargaan Tertinggi dari Jepang

Selasa, 10 Mei 2022 | 20:29 WIB
header img
JK Menerima penghargaan tinggidari pemerintahan Jepang

JAKARTA, iNews Lamongan.id - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah Jepang. Penghargaan tersebut adalah Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

“Pak Jusuf Kalla dalam Order of the Rising Sun itu ada 6 kelas yang diterima, hari ini adalah yang pertama untuk urutan nomor satunya Grand Cordon,” tutur Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi secara virtual, Selasa (10/5/2022).

Heri menjelaskan, pada dasarnya sudah banyak orang Indonesia yang juga menerima penghargaan dari pemerintah Jepang. Namun, penghargaan yang dimaksud untuk kelas lainnya.

“Tetapi untuk kelas yang lainnya sudah ada, seperti Golden and Silver itu sudah ada penerima sebelumnya," ucapnya.

Sedangkan, JK berhasil mendapatkan penghargaan bintang tertinggi dari Kaisar Jepang. Penghargaan ini  menjadi tanda hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. 

“Dan untuk Grand Cordon ini memang yang pertama dan ini saya kira satu pengakuan yang sangat serius dari pemerintah Jepang kepada Pak Jusuf Kalla yang diketahui bukan hanya lebih dari 20 tahun di pemerintahan, yang mengupayakan hubungan kerja sama antar negara yang baik, tetapi kita ketahui juga Pak JK juga merupakan pengusaha yang mempunyai hubungan bisnis yang sangat lama dengan Jepang dan saya kira itu merupakan satu pertimbangan sendiri,” tutur Heri.

Heri mengatakan, pemberian penghargaan kepada JK merupakan simbol kedekatan kedua negara. Walaupun, bentuk penghargaan ini diberikan oleh negara kepada perseorangan.

“Tetapi maknanya yang seperti disampaikan oleh pak Jusuf Kalla ini adalah semacam simbol atau lambang dari kedekatan kedua bangsa kita, kedua negara kita yang tidak hanya dicerminkan oleh perjanjian-perjanjian yang resmi, tetapi juga oleh penghargaan-penghargaan kepada orang perseorangan seperti hal tersebut," ujar dia.

“Di pemerintahan ini, Kaisar memang tingkatnya bukan di pemerintah ya, lebih negara. Pada level pemerintah, pemerintah Jepang juga hampir setiap tahun memberikan penghargaan kepada warga Indonesia,” sambung Heri.

Heri juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia juga sering memberikan penghargaan kepada warga negara Jepang untuk simbol kedekatan kedua negara.

“Demikian juga sebaliknya, pemerintah Indonesia juga memberikan penghargaan kepada warga Jepang, ini sesuatu kebiasaan. Yang istimewa sekarang ini memang penghargaan ini datang dari Kaisar atau yang juga adalah yang dianggap sebagai Kepala Negara, bukan Kepala Pemerintahan tapi Kepala Negara. Ini saya kira merupakan satu simbol penghargaan negara yang sangat tinggi," tutupnya.
 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut